TATA CARA PENGADUAN SP4N-LAPOR!
Pastikan hal – hal berikut ini sebelum anda mulai melapor :
- Laporan anda relevan dengan kinerja pemerintah.
- Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Bukan merupakan ujaran kebencian, SARA dan caci maki.
- Bukan merupakan laporan yang sudah disampaikan dan masih dalam proses penanganan.
Perhatikan kolom – kolom yang wajib dan opsional untuk diisi. Wajib :
- Judul Laporan, Merupakan kesimpulan dari suatu permasalahan, inti dari suatu laporan yang disampaikan.
- Isi Laporan, Menceritakan kronologis kejadian yang ingin dikeluhkan. Jika dibutuhkan, sertakan juga data diri Anda berupa nama dan NIK serta keterangan lainnya seperti nomor KIP/BPJS/KKS/PKH/KPS.
- Tanggal Kejadian, Tanggal ketika Anda menerima pelayanan yang kurang memuaskan.
- Lokasi Kejadian, Lokasi Anda menerima pelayanan yang kurang memuaskan (Lebih spesifik anda menginput, lebih baik).
Opsional :
- Instansi Tujuan, Instansi yang berwenang terhadap pengaduan yang diberikan.
- Kategori Laporan, Kategori yang sesuai dengan laporan yang diadukan.
- Anonim, Membuat nama Anda tidak muncul pada halaman publik SP4N-LAPOR!.
- Rahasia, Membuat laporan Anda tidak muncul pada halaman publik SP4N-LAPOR!, misalnya pada isi laporan, anda menyertakan No. Identitas, maka jika pertimbangannya demi keamanan data anda, sebaiknya dirahasiakan.
- Lampiran, Data dukung laporan Anda berupa gambar, dokumen, dan video dengan maksimal upload 2MB. Anda bisa melakukan upload lebih dari satu dokumen.
CARA MELAPOR DI FORM ASPIRASI
Pastikan hal – hal berikut ini sebelum anda mulai melapor :
- Laporan anda relevan dengan kinerja pemerintah.
- Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Bukan merupakan ujaran kebencian, SARA dan caci maki.
- Bukan merupakan laporan yang sudah disampaikan dan masih dalam proses penanganan.
Perhatikan kolom – kolom yang wajib dan opsional untuk diisi. Wajib :
- Judul Laporan, Merupakan kesimpulan dari aspirasi.
- Isi Laporan, Menceritakan aspirasi apa yang Anda inginkan dari pengelola pelayanan publik.
- Asal Pelapor, Lokasi dimana Anda melakukan aspirasi.
Opsional :
- Instansi Tujuan, Instansi yang berwenang terhadap aspirasi yang diberikan.
- Kategori Laporan, Kategori yang sesuai dengan aspirasi yang diadukan.
- Anonim, Membuat nama Anda tidak muncul pada halaman publik SP4N-LAPOR!.
- Rahasia, Membuat laporan Anda tidak muncul pada halaman publik SP4N-LAPOR!. Pastikan Anda mencentang anonim dan rahasia untuk laporan yang bersifat sensitif dan mengandung data diri.
- Lampiran, Data dukung laporan Anda berupa gambar, dokumen, dan video dengan maksimal upload 2MB. Anda bisa melakukan upload lebih dari satu dokumen.
CARA MELAPOR DI FORM PERMINTAAN INFORMASI
Pastikan hal – hal berikut ini sebelum anda mulai melapor :
- Laporan anda relevan dengan kinerja pemerintah.
- Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- Bukan merupakan ujaran kebencian, SARA dan caci maki.
- Bukan merupakan laporan yang sudah disampaikan dan masih dalam proses penanganan.
- Pastikan informasi yang Anda inginkan merupakan informasi yang tidak dikecualikan.
Perhatikan kolom – kolom yang wajib dan opsional untuk diisi. Wajib :
- Judul Laporan, Merupakan kesimpulan dari permintaan informasi.
- Isi Laporan, Menceritakan permintaan informasi apa yang Anda inginkan dari pengelola pelayanan publik.
- Asal Pelapor, Lokasi dimana Anda melakukan permintaan informasi.
Opsional :
- Instansi Tujuan, Instansi yang berwenang terhadap permintaan informasi yang diinginkan.
- Kategori Laporan, Kategori yang sesuai dengan informasi yang diinginkan.
- Anonim, Membuat nama Anda tidak muncul pada halaman publik SP4N-LAPOR!.
- Rahasia, Membuat laporan Anda tidak muncul pada halaman publik SP4N-LAPOR!. Pastikan Anda mencentang anonim dan rahasia untuk laporan yang bersifat sensitif dan mengandung data diri.
- Lampiran, Data dukung laporan Anda berupa gambar, dokumen, dan video dengan maksimal upload 2MB. Anda bisa melakukan upload lebih dari satu dokumen.